HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Kampus II angkatan 2014 yang diambil dari total populasi sebanyak 110 mahasiswa. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi dan skala social loafing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian data diperoleh hasil dengan F= 25,307 dan p= 0,000 (p < 0,005), berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dengan social loafing. Hasil analisis korelasi rxy= -0,436; p= 0,000 (p< 0,05), berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan social loafing. Dari hasil analisis data diketahui bahwa motivasi berprestasi pada subjek tergolong tinggi dan social loafingpada subjek tergolong rendah. Sumbangan efektif motivasi berprestasi terhadapsocial loafing sebesar 19% ditunjukkan dari koefisien determinan R square= 0,190. Hal ini berarti masih terdapat 81% faktor lain yang mempengaruhi social loafing diluar faktor motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan social loafing pada mahasiswa.Kata kunci: Motivasi Berprestasi dan Social Loafing