KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi di SMP Negeri 1 Sipis Pis)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 1 Sipis Pis yang berjumlah 764 siswa, sampel berjumlah 263 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen komunikasi interpersonal siswa, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa secara umum gambaran komunikasi interpersonal berada pada kategori tinggi. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pembuatan program pelayanan BK yang berkenaan dengan komunikasi interpersonalmelalui berbagai jenis layanan bimbingan konseling.Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal