Fenomena Wanita Berhijab dalam Iklan
Abstract
Akhir-akhir ini wajah periklanan sedang mengalami perubahan drastis dimana dari segi tampilan yang biasanya senantiasa menggunakan content sensualitas dan seksualitas dari sosok wanita namun kini tampaknya seiring waktu tampilan seperti ini seolah tergerus oleh waktu dan kemajuan zaman. Meskipun content tersebut tidak sama sekali hilang namun setidaknya minimal dari segi jumlahnya. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan atribut agama khususnya Islam telah membawa warna baru bagi industri Periklanan. Lihatlah kini sederet iklan mulai menampilkan wanita berhijab tidak hanya pada adegan iklannya namun juga saat mengkampanyekan dan mempromosikan pesan-pesan produknya. Realitas yang terjadi di lapangan pun menunjukkan hal yang sama dimana hijab sebagai atribut Islam menjadi sebuah fenomena dalam penampilan trend kalangan muslimah baik lokal maupun global. Akibatnya, periklanan kini memasuki era baru dan semakin berdinamika.