Strategi Komunikasi dalam Pengembangan Organisasi

Abstract

Perencanaan dan strategi komunikasi merupakan hal mendasar yang diperlukan dalam suatu kegiatan komunikasi sosial, utamanya untuk memperkenalkan atau memasarkan produk. Setelah memahami proses perencanaan dan elemen-elemen komunikasi dalam suatu organisasi, dapat ditemukan beberapa hal yang dapat merupakan masalah dalam perencanaan komunikasi. Strategi komunikasi yang baik dalm organisasi akan sangat membantu  organisasi mengatasi  kegiatan sosial tersebut termasuk didalam mencapai segmen pasar untuk produk dan pemahaman terhadap kebutuhan khalayak, sehingga organisasi mampu membaca arah dari pemasaran produk dengan jelas dan strategi komunikasi yang baik mampu menganalisi segmen masyarakat sasaran yang kita hadapi dari segi sosiodemografis (pendidikan, usia, jenis kelamin, etnis, kepercayaan, bahasa, pekerjaan) dan juga dari segi psikografis (aspirasi, kesenangan, dan kebiasaan-kebiasaan). Tahap ini untuk menentukan apa yang ingin dicapai  dengan program-program yang dilakukan, didalam staregi komunikasi organisasi mampu menganalisis pemakaian media yang baik dengan mempertimbangkan kelemahan dan keunggulan sifat masing-masing media. Produksi media berkaitan dengan kemasan pesan. Karena itu unsur estetika sangat berperan untuk menarik perhatian masyarakat.  Demikian juga dengan distribusi pesan, dimana pemilihan waktu yang tepat menjadi kunci keberhasilan distribusi.