PELAKSANAAN PEMBIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AMAL SHALEH MEDAN

Abstract

Abstrak: This study aims to determine: 1) planning guidance to learn cognitive, affective andpsychomotor of students who do, 2) how coaching learn of cognitive, affective and psychomotorstudents by akidah akhlak teachers, 3) the factors supporting and the resist of guiding learningaspects cognitive, affective and psychomotor for students. Data collection techniques by observation,interview and document research, data sources, data analysis and scrutiny validity of the data thatrefers to qualitative research. The findings showed that: Implementation of guiding learning cognitiveaspects of students in MIS Amal Salih Medan implemented by: classical teaching, motivating tostudents before start of learning, deliver material by means of a lecture,embrace loveand questionand answer, using teaching materials from textbooks and worksheets, assign work to students; foraffective means used is a direct rebuke and advise students who do wrong and to use an exemplarymethod; whereas for psychomotor use a method of demonstration and did tutoring each study, onlyadapted to the material, such as the Asmaul Husna. Guidance psychomotor aspect is also done whenthey wanted to hold an event and program Duha prayer. The factors supporting are school building(infrastructure) is complete, media learning and classroom management are sufficient. While theinhibiting factors relating to; students’ motivation, the students’ attention to the lesson, family, economy,completeness learning tools and teacher.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan pembimbingan belajar aspek kognitif,afektif dan psikomotorik siswa yang dilakukan, 2) cara pembimbingan belajar aspek kognitif, afektifdan psikomotorik siswa yang dilakukan guru akidah akhlak, 3) faktor pendukung dan penghambatpembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Teknik pengumpulan datadengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen, sumber data, analisa data dan pencermatankeabsahan data yang mengacu pada penelitian kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa:Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif siswa di MIS Amal Shaleh Medan dilaksanakandengan cara: klasikal dalam mengajar, memberikan motivasi kepada siswa sebelum mulai pembelajaran,menyampaikan materi dengan memakai metode ceramah, rangkulan kasih sayang dan tanya jawab,memakai bahan pengajaran dari buku pelajaran dan LKS, memberikan tugas kepada siswa;NURBIAH POHAN: PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK3AT-TAZAKKI: Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017untuk aspek afektif cara yang digunakan adalah langsung menegur dan menasehati siswa yangberbuat salah dan memakai metode teladan; sedangkan untuk aspek psikomotorik memakai metodedemonstrasi dan tidak melakukan bimbingan belajar setiap belajar, hanya saja disesuaikan denganmateri, misalnya asmaul husna. Bimbingan aspek psikomotorik juga dilakukan ketika hendak mengadakanacara dan program salat dhuha. Faktor pendukung adalah gedung sekolah (sarana prasarana) yanglengkap, media pembelajaran dan pengelolaan kelas yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnyaberkaitan dengan; motivasi belajar siswa, perhatian siswa terhadap pelajaran, keluarga, ekonomi,kelengkapan alat-alat belajar dan guru.Kata Kunci: Pembimbingan Belajar, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik