IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRIWATI DI ASRAMA BAHASA ARAB HUBBUL WATHAN MEDAN

Abstract

Abstrak: The purpose of this research is to determine the formulation of educational programsdormitory, to find out the programs education dormitory, and find out the program education evaluationdormitory to improving students spiritual intelligence Hubbul Arabic Wathan Medan. Thefindings of this research are three, namely: (1) Formulation of Dormitory Education Program inImproving Santriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan is to planpositive and useful activities for santriwati, in formulating a program, Conduct deliberation. One ofthem is with education programs such as learning Arabic, learning the Qur’an and tajwid, praying incongregation on time, dhikr, reading yasin, learning discipline and responsible with obligations,muhadharah, qasam and rihlah. (2) Implementation of Dormitory Education Program in ImprovingSantriwati Spiritual Intelligence in Arabic Dormitory Hubbul Wathan Medan by arranging all schedulesof santriwati, regularly. In addition, the implementation of all activities in the dormitory closelysupervised by the chairman of the board members and guided by the ustadzah. (3) Evaluation ofDormitory Education Program in Improving the Spiritual Intelligence of Santriwati in Arabic DormitoryHubbul Wathan Medan applied by dormitory can be known based on the absence of all santriwatiactivities every month, through the absence will be easy to know whether santriwati discipline isgetting better or earlier and evaluation of education program Dormitories can also be known fromthe final exam results santriwati every year.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan program pendidikan asrama, mengetahui pelaksanaanprogram pendidikan asrama, dan mengetahui evaluasi program pendidikan asrama dalam meningkatkankecerdasan spiritual santriwati di asrama bahasa arab Hubbul Wathan Medan.Temuan penelitian iniada tiga, yaitu: (1) Perumusan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan Kecerdasan SpiritualSantriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan adalah dengan merencanakan kegiatankegiatanyang bermanfaat dan bernilai positif bagi santriwati, dalam merumuskan sebuah program,pihak pengurus asrama sebelumnya melakukan musyawarah. Salah satunya ialah dengan programpendidikan seperti belajar berbahasa arab, belajar alquran serta tajwid, shalat berjamaah tepat waktu,berdzikir, membaca yasin, belajar disiplin dan bertanggung jawab dengan kewajiban, muhadharah,DELIMA ASTRI PERTIWI: IMPLEMENTASI PROGRAM ASRAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL3AT-TAZAKKI: Vol. 1 No. 1 Juli - Desember 2017102qasam dan rihlah. (2) Pelaksanaan Program Pendidikan Asrama dalam Meningkatkan KecerdasanSpiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul Wathan Medan dengan cara mengatur semuajadwal para santriwati, dengan teratur. Selain itu pelaksanaan semua kegiatan di asrama diawasi denganketat oleh ketua dari anggota pengurus dan dipandu oleh para ustadzah. (3) Evaluasi Program PendidikanAsrama dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santriwati di Asrama Bahasa Arab Hubbul WathanMedan yang diterapkan asrama dapat diketahui berdasarkan absensi semua kegiatan santriwati setiapbulannya, melalui absensi akan mudah diketahui apakah disipilin santriwati semakin hari semakinbaik ataukah sebelumnya dan evaluasi program pendidikan asrama juga dapat diketahui dari hasilujian akhir santriwati setiap tahunnya.Kata Kunci: Program Pendidikan Asrama, Kecerdasan Spiritual