PEMBINAAN KESEHATAN MENTAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Studi tentang Perspektif Zakiah Daradjat)
Abstract
Abstrak: This research was aimed to(1) knowing how the mental health perspective ZakiahDaradjat (2) determine how healthy mental health perspective Zakiah Daradjat (3) to find outhow the efforts made for development of a mental health perspective Zakiah Daradjat.Thisstudy is a Library (Library Research) means pure literature (search for books and books thatare relevant) with the title of the thesis. Using the techniques of content analysis means analyzingthe content of books that are relevant to the title and sourced from the data collectingliterature. Critical Analysis with descriptive method mendeskripsikangagasan human means.In this case, tracing the theme associated with this peneliian the concept of Islamic Education.The research data were analyzed by using deductive and inductive approach.Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui bagaimana kesehatan mental menurutperspektif Zakiah Daradjat (2) mengetahui bagaimana kesehatan mental yang sehat menurutperspektif Zakiah Daradjat (3) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untukpembinaan kesehatan mental menurut perspektif Zakiah Daradjat.Penelitian ini bersifat Kepustakaan(Library Research) artinya kepustakaan murni (mencari buku dan kitab-kitab yang relevan)dengan judul tesis. Menggunakan teknik Content Analysis artinya menganalisa isi buku yangrelevan dengan judul dan bersumber dari hasil pengumpulan data kepustakaan. Dengan metodeDeskriptif Analisis Kritis artinya mendeskripsikangagasan manusia. Dalam hal ini, menelusuritema yang diangkat yang terkait dengan peneliian ini yaitu konsep Pendidikan Islam. Datapenelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif.Kata Kunci : Kesehatan Mental, Pendidikan Islam.