APLIKASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH ALIYAH KECAMATAN MEDAN SUNGGAL
Abstract
Abstrak: This study aims to determine the knowledge and understanding of teachers on the CurriculumLevel of Education Unit, the implementation of Education Unit Level Curriculum in the learningprogram, the implementation of the learning evaluation of Education Unit Level Curriculum, the constraintsfaced by teachers in the implementation of Education Unit Level Curriculum, and efforts toovercome the obstacles of curriculum implementation Level of Education Unit on learning in MadrasahAliyah Medan Sunggal District.This research uses qualitative research methods in order to reveal indepth data and facts about the application. Education Unit Level Curriculum (KTSP) in MadrasahAliyah Medan Sunggal District. Data collection techniques used observation, interview, documentationstudy. Data analysis technique used is to process and analyze research data using qualitative researchprocedure, that is by explaining or explaining result of this research as it is and draw conclusion byusing deductive method.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru tentang KurikulumTingkat Satuan Pendidikan, pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam program pembelajaran,pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kendala yang dihadapioleh guru dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dan upaya mengatasi kendalapelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada pembelajaran di Madrasah Aliyah KecamatanMedan Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam rangka mengungkapkansecara mendalam data dan fakta tentang aplikasi.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diMadrasah Aliyah Kecamatan Medan Sunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah mengolah dan menganalisa datapenelitian menggunakan prosedur penelitian kualitatif, yakni dengan menjelaskan atau memaparkanhasil penelitian ini apa adanya serta menarik kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif.Kata Kunci : Aplikasi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan