KONTRIBUSI SURAT AN-NAHL TERHADAP METODE PENDIDIKAN

Abstract

Abstract: This research has just done by library research method that we choose are tahlity method. Datawhich accumulate will be analyzing using by content analyzis, for meaning contained. It because writersaid, this method can recite some Al-Qur’an concept correctly about a problem about a problem that theteacher’s hope reach a comprehensive result. This education can we do tp knowing how contribute ofSurah An-Nahl to education method and implemantion is that can be as a choose in learning process andthen able to reach maximal result. From this research, the writer can conclusion if surah An-Nahl givescontributes to education methods contain 14 education methods will be using by the teacher to materializelesson planning to student to reach maximal result.the methods contain : Tadriz method (stage), Analogymethod, Conclusion or inductive methods, self examine method (muhasabah), Story method, pay attentionmethod, Debate or discussion methods, study tour method, Asking the questions method, Supposingor example methods (amsal), Forgiveness (amnesty) or guideness method, Provide method, Wisdom /philosophy, Mau’izatul hasanah ( good provider)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi surat An-Nahl terhadap metode pendidikan danimplementasi metode-metode pendidikan tersebut yang dapat dijadikan pendidik sebagai pilihan dalammenjalankan kegiatan belajar mengajar untuk memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilakukandengan bercorak studi kepustakaan (library research), metode yang dipilih adalah metodetahlily, datayang terakumulasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis)mengenai makna yang terkandung didalamnya, karena menurut penulis, metode inilah yang tepat untukdigunakan mengkaji konsep-konsep Alquran tentang suatu masalah bila diharapkan suatu hasil yangkomprehensif. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa surat An-Nahl memberikan kontribusiterhadap metode pendidikan berupa 14 metode pendidikan yang dapat digunakan seorang pendidikdalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, metodetersebut antara lain; MetodeTadrîj (pentahapan), Metode analogi (Qiyas), Metode mengambil kesimpulanatau induktif, Metode introspeksi atau evaluasi diri (Muhâsabah al-Nafs), Metode kisah, Metode pemberianperingatan, Metode debat (Mujâdalah), Metode rihlah ilmiyah, Metode mengajukan pertanyaan, Metodeperumpamaan (Amaâl), Metode ampunan dan bimbingan,Metode keteladanan, Metodehikmah (bijaksana),dan Metodemau’izatul hasanah (pelajaran yang baik).Kata Kunci : Metode Pendidikan, Surat An-Nahl