PERAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (BPM) DALAM PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KEAGAMAAN DI KOTA LANGSA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Badan Pemberdayaan Masyarakat dalampembangunan sosial dkeagamaan di kota Langsa. Secara khusus, tujuan penelitian ini untuk mengetahui:1) Untuk mengetahui bentuk Komunikasi Pembangunan Badan Pemberdayaan Masyarakat dalam pembangunansosial dan keagamaan di kota Langsa. 2) Untuk mengetahui peran komunikasi pembangunan BadanPemberdayaan Masyarakat dalam bidang sosial dan keagamaan di kota Langsa. 3) Untuk mengetahuifaktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi pembangunan Badan Pemberdayaan Masyarakatdalam pembangunan sosial keagamaan di kota Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif analitik. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam membangunmasyarakat gampong, ada tiga peran yang dimainkan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Langsasebagai Komunikator Pembangunan sosial keagamaan.Pertama, Badan Pemberdayaan Masyarakatberperan sebagai katalisator atau sebagai orang yang berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakatdalam pembangunan.Kedua, Badan Pemberdayaan Masyarakat kota Langsa berperan sebagai orangyang memberikan solusi(problem solver) bagi setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutamadalam pembangunan. Ketiga, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Langsa berperan sebagai innovatoryang memperkenal yang memperkenalkan ide-ide maupun penemuan-penemuan baru kepada masyarakat,terkait dengan dengan penggunaannya dalam mendukung suksesnya pembangunan.