IMPLEMENTASI PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASKA SERTIFIKASI GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BINJAI
Abstract
Abstrak: Hasil penelitian menunjukkan Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam paska sertifikasi diMadrasah Tsanawiyah Negeri Binjai meliputi kompetensi pedagogik telah memenuhi kriteria pemahamanterhadap peserta didik, memahami teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, memahamipengembangan kurikulum, merancang perencanaan pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi, memfasilitasipengembangan potensi peserta didik, dan menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.Kompetensi kepribadian telah memenuhi kriteria berakhlak mulia, berkepribadian matang dan sehat, memilikietos kerja, menjunjung tinggi kode etik guru dan patut menjadi teladan. Kompetensi sosial telah memenuhikriteria mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan,orang tua dan masyarakat, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja. Kompetensi profesional telah memenuhikriteria menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi mata pelajaran yangdiampu, menyusun pengelolaan kelas, menguasai penggunaan media pembelajaran, menguasai konsep danmengaplikasikan metode pembelajaran, serta memiliki kemampuan meningkatkan koprefesionalan diri. Beberapakendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan keprofesionalan guru Pendidikan Agama Islam paskasertifikasi adalah masih rendahnya frekuensi pelatihan guru PAI yang dilaksanakan instansi terkait. Sehinggabelum merata dirasakan oleh semua guru. Selain itu beban tugas administrasi guru yang semakin lama semakinmeningkat juga menjadi kendala. Terutama dengan kehadiran Kurikulum 2013. Sehingga guru PendidikanAgama Islam memiliki peluang sempit untuk meng-update dirinya. Sehari-hari disibukkan dengan bebanadministrasi guru yang tak terhingga