IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MAN 1 MEDAN

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk dapat beberapa poin, 1) Mengetahui proses perencanaan programimplementasi Kurikulum 2013 dilakukan di MAN 1 Medan dan kendala yang dihadapi? 2) Mengetahuiproses pembelajaran yang dilakukan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MAN 1 Medan,dan kendala yang dihadapi? 3) Mengetahui sistem evaluasi hasil belajar yang dikembangkan olehMAN 1 Medan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, dan kendala yang dihadapi?. Penelitianini menggunakan metode kualitatif dengan tipe fenomenologi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkansebagai berikut, 1) Implementasi Kurikulum 2013 di MAN 1 Medan terkait perencanaan telah terlaksana100%, dan sesuai dengan standar proses pembelajaran. Adapun kendalanya adalah perencanaanyang dibuat oleh guru tidak dijadikan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehinggapembelajaran yang dilakukan kurang sesuai dengan yang direncanakan, 2) Implementasi Kurikulum2013 di MAN 1 terkait proses pembelajaran belum terlaksana secara ideal, karena hanya 20% guruyang melakukan proses pembelajaran dengan pembelajaran berkelompok, itupun belum juga sesuaidengan konsep kurikulum 2013, karena sistematika dan langkah-langkah pembelajarannya tidak denganmengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan-mengkreasikan,atau dapat juga disebutkan 20% guru melaksanakan pembelajaran dengan quasi saintifik. 3) Implementasikurikulum 2013 di MAN 1 Medan terkait evaluasi pembelajaran, belum terlaksana secara ideal. Rangkaianevaluasi pembelajaran yang dilakukan masih pada ranah kognitif saja.