INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMIKIRAN IKHWÂN AL-SAFÂ

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemikiran Ikhwân Al-bafâ tentanginteraksi pendidik dan peserta didik. Ada tiga rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitianini: pertama, bagaimana konsep pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ; kedua,bagaimana pola interaksi pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân al-‘afâ; dan ketiga,bagaimana relevansi interaksi pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ dengankondisi pendidikan masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan berupa data primer(Rasâil Ikhwân Al-bafâ) maupun data sekunder (sumber tertulis lainnya). Prosedur dari penelitian iniadalah untuk menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis setelah dilakukan analisis pemikiran(concrete analyze) dari suatu teks. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan deskriptif analisis. Data yang ada dalam kepustakaan tersebut dikumpulkan dan diolahdengan cara: editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Temuan disertasi ini yaitu konseppendidik dan peserta didik dan pola interaksi keduanya dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ berupakompetensi yang harus dimiliki setiap pendidik; cara penyampaian ilmu; sifat tercela yang harus dihindari;kesetiaan (loyalitas); etika pendidik dan etika peserta didik; faktor penentu tingkah laku peserta didik;dan peserta didik sebagai objek aktif pendidikan. Sedangkan relevansi pemikiran pendidikan IkhwânAl-bafâ dalam diskursus kekinian berupa pendidikan inklusif dan pluralis; integrasi ilmu naqliyah danaqliyah; dan memurnikan ajaran agama.Kata Kunci: Pemikiran, Pendidik dan Peserta Didik