IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KHUSUS PADA SEKOLAH BERBASISI ISLAM DI SUMATERA UTARA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan khusus pada sekolah berbasisIslam di Sumatera Utara yang berkaitan tentang: a) model-model pelaksanaan pendidikan khusus, b)karakteristik guru pendidikan khusus, dan c) faktor pendukung dan penghambat pendidikan khusus padasekolah berbasis Islam di Sumatera Utara.Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa: (1) Model pelaksanaanpendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara dapat disimpulkan bahwa model pendidikankhusus yang dilaksanakan untuk melayani peserta didik berkebutuhan khusus adalah model pendidikan segregasidengan mengintegrasikan antarjenis kebutuhan khusus peserta didik (tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksadan autis) dan mengintegrasikan antar jenjang pendidikan dalam bentuk Sekolah Luar Biasa (SLB) satu atap,yakni satu lembaga penyelenggara mengelola jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah MenengahPertama Luar Biasa (SMPLB) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) dengan seorang KepalaSekolah; (2) Karakteristik guru pendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara adalahbahwa guru pendidikan khusus di sekolah berbasis Islam memiliki tiga karakteristik, (3) Faktor pendukung danpenghambat pelaksanaan pendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara dikelompokkanmenjadi 2 (dua) faktor, yaitu: faktor internal dan eksternal sekolah.Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Khusus dan Sekolah Berbasis Islam