PELAKSANAAN PENDIDIKAN TINGGI KADER ULAMA MAJELIS ULAMA INDONESIA SUMATERA UTARA (PTKU ) (ANALISIS EVALUASI PROGRAM PTKU MAJELIS ULAMA INDONESIA SUMATERA UTARA BERDASARKAN MODEL EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUT (CIPP)
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan manajemen kemahasiswaan di PendidikanTinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara Majelis Ulama Indonesia ProvinsiSumatera Utara. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Evaluasi konteksPendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 2) Evaluasi inputPendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 3) Evaluasi prosesPendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 4) Evaluasi ProdukPendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? Metode yang digunakanadalah metode kuantitatif eksploratif deskriftif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada evaluasi konteksditemukan bahwa program atau proyek Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama IndonesiaSumatera Utara hadir dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal Majelis Ulama IndoensiaSumatera Utara. 2) Pada Evaluasi Input ditemukan bahwa ada lima komponen yang sangatmendukung untuk program Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia SumateraUtara, yaitu mahasiswa, kurikulum, tenaga kependidikan, keuangan serta fasilitas yang memadai.3) Pada evaluasi proses ditemukan bahwa manajemen kemahasiswaan berjalan dengan baik,mulai dari rekruitmen mahasiswa, pencatatan mahasiswa di dalam Buku Induk Mahasiswa,pengelolaan mahasiswa di dalam dan di luar kelas, serta bimbingan dan arahan bagi mahasiswayang telah menyelesaikan pendidikan. 4) Pada evaluasi produk ditemukan bahwa pengelola,penerima jasa program serta penerima produk menilai bahwa PTKU MUI Sumut sukses dalammelaksanakan programnya.Key Word: Kader, Ulama, Evaluasi, Context, Input, Process dan Product