MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan tujuan kurikulum, mengetahui pengembanganmateri kurikulum, mengetahui proses pembelajaran kurikulum, dan mengetahui sistem evaluasi kurikulumdalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasi penelitian dipondok pesantren Ulumul Qur’an Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara,studi dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari alur reduksi data, alur penyajian data, alur penarikankesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian dilakukan pemeriksaan yang didasarkan pada empatkriteria, yaitu; derajat kepercayaan, keteralihan, dan kepastian, dengan menggunakan teknik-teknik, antaralain; memperpanjang kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasusnegatif, cek ulang, dan triangulasi. Hasil penelitian dikemukakan bahwa manajemen kurikulum dalam meningkatkanmutu pendidikan adalah penerapan kurikulum sesuai kebutuhan dan keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran,terutama dalam mewujudkan tujuan pendidikan di pesantren. Karena dalam manajemen kurikulum dilakukanpengembangan tujuan kurikulum, pengembangan materi kurikulum, proses kurikulum dan sistem evaluasikurikulum, yang dilaksanakan di pesantren guna meningkatkan mutu pendidikan. Pengembangan tujuankurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah untuk meningkatan kecerdasan, pengetahuan,kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mengembangkan kemandirian dan dapat mengikutipendidikan lebih lanjut.