KONTRIBUSI USAID PRIORITAS DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH SD/MI DI KABUPATEN LANGKAT

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi USAID PRIORITAS dalam menumbuhkembangkanbudaya literasi di sekolah SD/MI Kabupaten Langkat. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitiankualitatif dengan berupaya mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemui melaluistudi dokumen, wawancara dan pengamatan. Temuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama,Secaraumum ada dua program utama yang ditetapkan USAID PRIORITAS terhadap upaya peningkatan kemampuanmembaca siswa, yang sekaligus menjadi titik awal upaya penumbuhkembangan budaya literasi di beberapasekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Langkat yang menjadi mitra binaan USAID.Kedua, beberapa upaya USAID PRIORITAS dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolahSD/MI di Kabupaten Langkat, yakni meliputi: 1), Menyelenggarakan pelatihan pengajaran membacapemahaman khususnya bagi guru-guru yang mengajar di kelas rendah. 2), Mensosialisasikan gerakanliterasi nasional. 3). Memberikan bimbingan tentang penerapan program wajib baca di sekolah. 4). Memberikanbimbingan tentang teknik membaca yang baik kepada para siswa. Dan, 5). Membantu pengadaan koleksibuku-buku atau bahan bacaan yang diperlukan di perpustakaan sekolah/madrasah.Ketiga, kontribusiUSAID PRIORITAS dalam upaya menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah dan madrasahyang menjadi mitra binaannya cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan telah diterapkannya kegiatanwajib membaca di sekolah-sekolah dan madrasah dimaksud.Kata Kunci: Kontribusi; USAID PRIORITAS; Budaya Literasi