MASYARAKAT MUSLIM DAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA (Tantangan Dalam Merintis Paradigma Baru)

Abstract

Indonesia dengan dasar negara pancasila berpenduduk mayoritas muslim, tak urung dihadapkan kepada masalah pendidikan tinggi, terutama dalam kaitannya dengan pembangunan. Dalam hal ini, masyarakat muslim Indonesia menyadari betapa seyogyanya reformasi tidak seharusnya lagi hanya dilakukan secara ad hoc dan parsial,  tetapi harus bersifat komprehensif, baik pada tataran konsep maupun penyelenggaraannya; bukan lagi ad hoc dan incremental seperti pada masa silam. Yang terpenting perlu dikembangkan kebijaksanaan makro dan mikro yang menekankan penyiapan anak bangsa dengan seperangkat kemampuan, kecakapan dan motivasi dalam aktualisasi dan institusionalisasi masyarakat madani Indonesia. Karakteristiknya, masyarakat belajar yang tumbuh dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang menempatkan pendidikan sebagai proses sepanjang hayat (min al-mahdi ila al-lahd atau long life education) dan menjadikan nation and character building inti dan salah satu tujuan pokoknya.