PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HASAN AL-BANNA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian perpustakaan (library research) bertujuan untuk mengetahui bagaimanapemikiran pendidikan Islam Hasan Al-Banna. Pemikiran Islam tersebut adalah dasar-dasar pendidikan Islam,hakikat manusia dan peranannya, tujuan pendidikan Islam, hubungan pendidik dan peserta didik, kurikulumdan materi pendidikan Islam, sarana dan prasarana pendidikan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1).Menurut Hasan Al-Banna mempunyai pandangan bahwa tentang dasar pendidikan Islam harus menjadiprioritas dalam meningkatkan SDM serta sistem pendidikan harus dibangun di atas kerangka dasar kuat yangmemungkinkan melahirkan generasi muda yang punya imunitas keIslaman, kesempurnaan akhlak, pengetahuanyang memadai tentang ajaran-ajaran agama dan kebanggaan terhadap kejayaan peradabannya yang luas.2). Hasan Al-Banna mengemukakan bahwa hakikat manusia adalah hamba yang berperan sebagai hambayang berperan sebagaira’iyah,khalifah danimarah. 3). Tujuan pendidikan menurut Hasan Al-Banna adalahmembebaskan masyarakat dari keterbelakangan, dalam agama, ekonomi, politik, sosial ilmu pengetahuandan budaya. 4). Hubungan pendidik dan peserta didik adalah:pertama, pribadimutarabbi danmurabb) yangberiman secara sempurna;kedua, adanya kecintaan yang mendalam diantara peserta (mutarabi) dan terhadapmurabb);ketiga, adanya pengorbanan yang tulus. 5). Kurikulum pendidikan Hasan Al-Banna, meliputi: faseta’aruf, fase takwin, fasetanfidz. 6). Sarana dan prasarana lembaga pendidikan Islam harus memadai denganberkembangan zaman.Kata Kunci: Pemikiran, Pendidikan Islam dan Hasan Al-Banna