DINAMIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH MUALLIMIN UNIVA MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana dinamika pembelajaran kitab kuning diMadrasah Muallimin Univa Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, makasumber data penelitian ada dua yaitu sumber data primer yaitu dokumen-dokumen Madrasah Mualliminyang berkaitan dengan pembelajaran kitab kuning selain itu juga pimpinan Madrasah, guru pengajar kitabkuning Madrasah Muallimin, serta sumber primer yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini dapatditarik kesimpulan bahwa: kurikulum pembelajaran kitab kuning mengalami perubahan-perubahan danterdapat dua kurikulum yang digunakan sekarang di Madrasah Muallimin, pendidik dalam pembelajarankitab kuning latar belakang pendidikan di awal pendirian Madrasah Muallimin semunya tidak ada yangtamatan Timur Tengah namun sekarang terdapat guru yang tamatan dari Timur Tengah, dan awalnya tidakada guru perempuan namun sekarang sudah ada guru perempuan, peserta didik dalam pembelajaran kitabkuning mengalami perubahan dari segi kemampuan yang dipengaruhi oleh latar belakang sekolah siswasiswi,juga adanya perkembangan teknologi mempengaruhi sikap siswa-siswi dan minat belajar siswa-siswiberkurang terhadap pembelajaran kitab kuning, metode pembelajaran kitab kuning tidak ada perubahansignifikan, hanya saja pengembangan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.Adanya kebijakan pemerintah juga mempengaruhi pembelajaran kitab kuning yaitu dari kurikulum yangdigunakan di Madrasah Muallimin ada dua, kurikulum Al Washliyah yang mempelajari kitab kuning dankurikulum Kementerian Agama.Kata Kunci: Dinamika, Pembelajaran dan Kitab Kuning