IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DOLOK MASIHUL SERDANG BEDAGAI

Abstract

Abstak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam multikultural perspektifGuru PAI di MAN Dolok Masihul Serdang Bedagai dan bagaimana implementasi pendidikan Islam multikulturaldi MAN Dolok Masihul Serdang Bedagai ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatanfilsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalaheksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secaratriangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankanmakna dari padageneralisasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Konsep pendidikan multikultural merupakanbagian dari pendidikan Islam yang sarat dengan nilai-nilai moral dan spiritual. Pendidikan Islam multikulturalmempunyai misi esensial untuk membangun karakter siswa sebagai seorang muslim yang memahami ajaranagamanya serta mempunyai kesadaran imani yang diwujudkan ke dalam sikap dan perilaku sehari- harisebagai bentuk pengamalan ajaran agama dan mendorong para siswa untuk tidak inklusif dan menerimasegala bentuk perbedaan diantara para siswa dan tetap menjaga kebersamaan melalui ikatan ukhuwa Islamiyah.Implementasi pendidikan Islam multikultural di Madrasah Aliyah Negeri Dolok Masihul Serdang Bedagai diselenggarakanmelalui penanaman nilai-nilai multikultural dalam mata pelajaran baik yang bernuasa agama Islam maupunmata pelajaran umum lainnya dan ini berlangsung secara kolektif baik para guru maupun dukungan daripimpinan madrasah, disamping itu, cara lain yang ditempuh adalah melalui pembinaan kepribadian siswamelalui kegiatan eksttra dan interakurikuler baik melalui OSIS, Pramuka, PMI, Kader Dakwah dan lain sebagainyadengan maksud para siswa mampu mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kemampuan bersosial,dan kemampuan pribadi lainnya dengan harapan para siswa mampu menginternalisasi nilai-nilai kebersamaandalam wujud nyata dan menekan nilai-nilai perbedaan diantara mereka sehingga dengan hal ini diharapkanberdampak positif terhadap proses interaksi diantara mereka setiap saat dan setiap waktu.Kata Kunci: Pendidikan Islam, Multikulltural dan Guru