MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V-A SD NEGERI 101807 CANDI REJO T.A 2015/2016”.

Abstract

Abstrak: Kondisi lingkungan yang kurang kondusif, perhatian orang tua siswa terhadap prestasi anaknya juga kurang, rendahnya nilai siswa, dan banyaknya siswa yang bermain-main saat guru mengajar, serta kecenderungan guru menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan teknik pembelajaran saat proses belajar mengajar adalah penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang monoton, sehingga siswa merasa bosan dan sulit berkonsentrasi untuk memahami materi yang disampaikan yang ujungnya siswa beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipahami. Matematika adalah ilmu pasti yang tidak dapat diajarkan dengan metode ceramah saja. Oleh karena itu, peneliti mempunyai solusi dengan menggunakan Teknik Pembelajaran Make a Match dalam pembelajaran dapat membuat siswa lebih tertarik dengan pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Matematika melalui menerapkan teknik pembelajaran make a match  pada siswa kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 18 siswa  perempuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes uraian masing-masing berjumlah 10 butir soal, yang diberikan pada post test I, dan post test II. Sedangkan nontes berupa observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan menggunakan teknik pembelajaran make a match pada siklus I dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 60,00 dengan ketuntasan belajar 48,14%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata yang diproleh adalah 81,48 dengan ketuntasan belajar 88,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V-A SD Negeri 101807 Candi Rejo T.A 2015/2016.