PERENCANAAN STRATEGIK PENDIDIKAN

Abstract

Abstrak : Para pakar manajemen tidak memiliki kesepakatan universal mengenai jumlah tahap-tahap atau langkah-langkah perencanaan strategik pendidikan. Melainkan kesepakatan “universal” yang ada ialah bahwa perencanaan strategis terdiri dari berbagai tahap. Maka dalam hal ini penulis menganggap bahwa ini hanya sebuah perbedaan pandangan dari para ahli. Proses perencanaan pun seharusnya bersifat luwes yang berorientasi pada masalah strategis dan tidak menjadi suatu pendekatan yang standar dan kaku yang kadang menjadi birokratis dan menghambur waktu yang mahal harganya. Hal ini berarti bahwa lembaga pendidikan harus membedakan antara situasi pengendalian strategis yang mapan dan rawan. Begitu pula dalam peningkatan mutu pendidikan maka diperlukan strategis yang efektif, dan mempunyai suatu tim dan sumber daya manajemen, yang memberikan kemampuan dalam mengatasi berbagai yang dibutuhkan demi mencapai tujuan sekolah yang ingin dicapai. Berarti pentingnya suatu rencana dilihat ketika ia memberikan proses serta indikasi yang jelas, cara bagaimana sekolah sebagai sebuah organisasi yang cenderung untuk berubah. Perencanaan strategis juga harus membolehkan orang lain di sekolah melihat peran apa yang dapat mereka lakukan agar dapat mencapai hal-hal yang diinginkan.