Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah

Abstract

Tujuan utama tulisan ini adalah menganalisis pengaruh literasi masyarakat tentang bank syariah terhadap minatnya menjadi nasabah bank syariah. Disamping itu juga mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih bank syariah. Data penelitian primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Kuesioner disi oleh 17 responden secara acak. Data wawancara dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan masyarakat Pekalongan yang bersedia diwawancarai. Responden yang diwawancari, baik responden dan non nasabah. Data yang diperoleh divalidasi dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Pekalongan memiliki minat untuk menjadi nasabah bank syariah, tetapi minatnya tidak dibarengi dengan pemahaman yang komprehensif. Responden memiliki pengetahuan umum tentang bank syariah, namun tidak mengetahui secara detail akad-akad muamalat yang ada pada produk-produk perbankan syariah. Kesesuaian syariah dan alasan pribadi menjadi faktor utama atas peminatannya menjadi nasabah bank syariah. Temuan penelitian menuntut operator bank syariah untuk melakukan promosi secara masif agar masyarakat memiliki pengetahuan yang komprehensif terkait perbankan syariah.