DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PENANAMAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI

Abstract

Anak usia dini merupakan masa terpenting bagi perkembangan, sehingga anak usia dini sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. perkembangan otak sebagai pusat kecerdasaan terjadi sangat cepat  karena  perkembangan otak pada anak usia dini telah mencapai 80 prosen dari orang dewasa sehingga masa itu disebut sebagai golden age. Sehingga pendidik harus memperhatikan karakteristik anak didik agar rancangan pembelajarannya sesuai dengan aspek perkembangan anak. salah  satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan adalah bahasa. Bahasa mempunyai peran penting dalam perkembangan anak dengan menggunakan bahasa anak akan berkembang menjadi manusia dewasa yang dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang berada dilingkungannya. Setelah bahasa pertama  atau bahasa ibu sudah matang matang, maka anak usia dini dapat belajar bahasa kedua. Dengan kondisi inilah kemudian menjadi dasar pemikiran mengapa pembelajaran bahasa Arab sebaiknya sudah mulai diajarkan pada anak usia dini dengan tidak melupakan penanaman nilai karakter didalamnya. Dengan cara mendesain pengembangan pembelajaran bahasa meliputi analisis kebutuhan, bentuk tujuan, desain silabus, metodologi, tes dan evaluasi. lalu mendesain pembelajaran bahasa berbasis penanaman karakter anak usia dini dengan kegiatan bermain, bernyanyi, mendongeng atau bercerita, menggambar dan pola tanda.