MANAJEMEN SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA YANG PANCASILAIS DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG DAN SDIT PERMATA BUNDA III SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Abstract

Abstract This study aims to determine the development of quality management-based teaching staff at SDIT Muhammadiyah Gunung Terang and SDIT Permata Bunda III Sukabumi Bandar Lampung. The focus of the problem in this study was on the management aspects of teacher quality coaching. This study used a qualitative approach with a case study design. Data is collected through: 1. Interviews with Principals, Foundation Managers and Teachers. 2. Data is also collected by examining and collecting relevant documents. 3. Make direct observations in both schools. To test the validity of the data used credibility, transferability, dependability, and confirmation. The collected data were analyzed by data analysis techniques including: data reduction (data reduction), presentation of data (display), verification / conclusion (conclusionsdrowing / verifiying). The results of the study showed that the two schools had implemented a modern teacher development pattern through the implementation of three-step management, namely planning, implementation and evaluation. The orientation of teacher development is directed at two main things, namely the achievement of high academic competencies (pedagogic, social, personal and professional), spiritual competencies that are "uswatun hasanah" and istiqomah based on Islamic teachings: Al-Qur'an and Al-Hadist and students' character become the successor of the nation's Pancasilais.         Keywords: Management, Integrated Islamic school, and Pancasilais.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan mutu tenaga pendidik berbasis manajemen di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang dan SDIT Permata Bunda III Sukabumi Bandar Lampung. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pada aspek manajemen pembinaan mutu guru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dikumpulkan melalui : 1. Wawancara dengan Kepala Sekolah, Pengurus Yayasan dan Guru.      2. Data juga dikumpulkan dengan memeriksa dan mengumpulkan dokumen yang relevan. 3. Melakukan observasi langsung di kedua sekolah. Untuk menguji keabsahan data digunakanujicredibility, transferability, dependability, danconfirmability. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data meliputi : reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasidata atau penarikan kesimpulan (conclusionsdrowing atau verifiying). Hasil penelitian menunjukkan kedua sekolah sama-sama telah menerapkan pola pembinaan guru yang moderen melalui implementasi tiga langkah manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Orientasi pembinaan guru diarahkan pada dua hal utama yaitu pencapaian kompetensi akademik yang tinggi  (paedagogik, sosial, kepribadian dan profesional), kompetensi spiritual yang “uswatun hasanah”  dan istiqamah berlandaskan ajaran Islam: Al-Qur’an dan Al-Hadist dan karakter anak didik menjadi penerus bangsa yang pancasilais.   Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Islam Terpadu, dan Pancasilais.