Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kurikulum 2013

Abstract

Kurikulum merupakan blue print dan acuan dalam implementasi pembelajaran. Yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 memiliki seperangkat komponen yang hendaknya diperhatikan dalam penerapannya. Di sisi lain, pembelajaran merupakan bentuk implementasi dari kurikulum tersebut. Oleh karenanya, pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah harus mengacu pada landasan yuridis yang berlaku serta memperhatikan komponen-komponen dalam kurikulum 2013 itu sendiri. Dalam hal ini komponen-komponen kurikulum tersebut di antaranya: tujuan pembelajaran, Materi dan sumber belajar, strategi dan metode pembelajaran, dan evaluasi sebagai instrumen penilaian. Komponen-komponen tersebut harus mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan menjadi pijakan implementasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah.