PENGGUNAAN METODE MENGAJAR OLEH GURU PAI PADA SDN NO. 142/VII PULAU ARO II KEC. PELAWAN KAB. SAROLANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui penggunaan metode mengajar oleh guru PAI pada SDN No. 142/VII Pulau Aro II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun. 2). Mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam penggunaan metode mengajar pada SDN No. 142/VII Pulau Aro II Kec. Pelawan Kab. Sarolangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam sesuai dengan latar penelitian.Teknik pengumpulan data dengan obervasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk mengecek validitas data digunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, audit trail. Dan untuk menganalisis data digunakan penelaahan dan reduksi data, unitisasi data, kategorisasi data, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode yang digunakan oleh guru PAI SDN No. 142/VII Pulau Aro II dalam mengajar antara lain: a. Metode Ceramah. b. Metode Tanya Jawab. c. Metode Penugasan.d. Demonstrasi. 2) Kendala bagi guru PAI SD No. 142/VII Pulau Aro II dalam penggunaan metode mengajar antara lain: a. Keterbatasan wawasan. b. Kurangnya media pendukung. c. Kurangnya mendapat pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mengajar oleh guru PAI pada SDN No. 142/VII Pulau Aro II masih didominasi oleh metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru PAI adalah keterbatasan wawasan, media, dan pelatihan. Dengan demikian, penulis memberikan saran kepada pihak guru PAI SD No. 142/VII Pulau Aro II agar lebih kreatif dalam menggunakan metode mengajar. Kemudian kepada pihak kepala sekolah agar memberikan pelatihan mengenai metode mengajar, sehingga guru PAI memiliki wawasan yang lebih luas tentang metode mengajar. Serta melengkapi media yang dibutuhkan oleh guru PAI.