PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PRAKTIKUM VIRTUAL KIMIA SMA MENGGUNAKAN PROGRAM CHEM COLLECTIVE BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana mengembangkan LKPD praktikum virtual lab berbasis scientific approach; (2) kualitas LKPD praktikum virtual lab berbasis scientific approach dan (3) respon guru dan siswa terhadap LKPD praktikum virtual lab berbasis scientific approach. Penelitian ini merupakan penelitian research and developmentĀ (R&D) dengan menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Validasi terhadap produk dilakukan oleh tim ahli media dan tim ahli materi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah dengan menggunakan angket untuk mengetahui hasil kelayakan produk berdasarkan validasi ahli serta angket respon/tanggapan terhadap penggunaan LKPD yang telah dikembangkan. Untuk tahap uji coba kelompok dilakukan pada kelompok kecil. Hasil penelitian mendapatkan penilaian sangat baik dari tim validasi dengan perolehan skor dari ahli media sebesar 66 dan ahli materi sebesar 67 dari skor maksimal 75. Pada uji coba kelompok kecil di peroleh skor 41,9 dari skor maksimal 50 dengan tanggapan pada kategori baik dan menarik, sedangkan hasil respon guru juga sangat baik dengan perolehan skor sebesar 45 dari skor maksimal 50. Secara keseluruhan rata-rata penilaian LKPD, baik penilaian validasi materi, media, respon guru dan siswa, memberikan hasil penilaian dengan persentase yang sangat baik sebesar 89,83 %. Dengan demikian LKPD berbasis virtual lab dengan menerapkan konsep pendekatan keterampilan proses (scientific approach) dapat di sebarkan penggunaanya pada implementasi kelompok yang lebih luas lagi untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa SMA.