PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Pre Eksperimen dengan Desain Static Group Comparison, desain ini menggunakan dua kelas, dengan jumlah 64 siswa. Metode analisis data menggunakan Homogenitas data dengan menggunakan Uji F, Normalitas Data dengan menggunakan rumus Chi kuadrat, dan Uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunukkan bahwa perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan rumus uji-tes, maka diperoleh thitung sebesar 6,037 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk =+ - 2 = 32 + 32 – 2 = 62 diperoleh harga   sebesar 1,669. Jadi dari hasil perhitungan dapat disimpulkan  . Hasil pengujian, maka dapat dikatakan hipotesis (Ha) diterima. Ini berarti bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Sape”. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan  model pembelajaran probing-ptompting terhadap hasil belajar PPKn kelas  VII diperoleh 94,3% pengaruh hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran probing-prompting di kelas VII SMP Negeri 1 Sape dan sisanya 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain. This study aims to determine whether there is a positive and significant effect of the Probing-Prompting Learning Model on Student Learning Outcomes. This research method uses quantitative research with an experimental approach in the form of Pre Experiments with Static Group Comparison Design, this design uses two classes, with a total of 64 students. The method of data analysis uses Homogeneity of data using the F Test, Data Normality by using the Chi square formula, and Hypothesis testing using the t-test formula. The results showed that the calculation of hypothesis testing by using the test formulas, then obtained tcount of 6.037 while the ttable value at the significance level of 5% with dk = + - 2 = 32 + 32 - 2 = 62 obtained a price of 1.669. So the results of the calculations can be concluded. The test results, it can be said the hypothesis (Ha) is accepted. This means that "There is the influence of the probing-prompting learning model on the learning outcomes of PPKn class VII of Sape 1 Public Middle School". In accordance with the results of the study, there was a significant effect of probing-ptompting learning model on learning outcomes of class VII PPKn obtained 94.3% of the influence of student learning outcomes after the implementation of probing-prompting learning models in class VII of Sape 1 Public Middle School and the remaining 5.7% influenced by other variables.