KONTRIBUSI PSIKOLOGI ORANGTUA MURID DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: STUDI ANALISIS LAYANAN SDIT BAITUL JANNAH
Abstract
Lembaga pendidikan dan orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan kecerdasan anak-anak. Sekolah adalah tempat kedua bagi anak-anak untuk mendapatkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan. Sekolah yang bagus dan sesuai dengan karakter anak akan mampu membimbing anak-anak menuju masa depan yang lebih baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua memilih sekolah yang terdiri dari faktor internal orangtua, internal sekolah atau lingkungan. Penulis ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih sekolah berdasarkan indikator internal sekolah. Indikator internal sekolah yang dipertanyakan meliputi: ketepatan, kecermatan dan kecepatan pelayanan, kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul, kesediaan dan keterbukaan menerima setiap keluhan, bertanggung jawab atas kualitas produk dan kebijakan penetapan harga yang sesuai, bertangung jawab atas pendidikan agama dan keselamatan, kemudahan dalam memberikan dan menyajikan berbagai informasi, memberikan perhatian khusus kepada anak didik, dan fasilitas serta tata ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana orang tua memilih sekolah untuk anak-anak mereka, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di SDIT Baitul Jannah dengan deskriptif kualitatif menggunakan quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam secara umum telah mengalami dinamika. Sekolah-sekolah Islam sekarang diasumsikan menjadi tren bagi masyarakat perkotaan dan komunitas kelas menengah atas. Keberadaan sekolah-sekolah Islam dengan sistem sekolah siang penuh adalah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat perkotaan yang sibuk dan cemas dengan pendidikan agama anak-anak mereka.