MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Studi pada Kelas Unggulan SMA Negeri I Metro Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri I Metro. Sedangkan sub-fokus penelitian meliputi: (1) apa tujuan pembelajaran bahasa Inggris di kelas unggulan SMA Negeri I Metro, (2) bagaimana pemilihan materi ajar pembelajaran bahasa Inggris; (3) bagaimana peran guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di tahun ajaran 2015/2016 pada semester gazal. Sumber data yang digunakan guru di kelas unggulan SMA Negeri I Metro. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pembelajarn bahasa Inggris di SMA Negeri I Metro sudah cukup baik, yaitu : (1) tujuan dasar pembelajaran bahasa Inggris di kelas unggulan difokuskan pada penguasaan kompetensi komunikatif baik secara lisan maupun tulisan; (2) pemilihan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru di kelas unggulan sangat bervariasi dan sesuai dengan materi yang diberikan; (3) peran guru dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas unggulan baik. Kata Kunci: manajemen pembelajaran, pembelajaran bahasa Inggris, peran guru