Hambatan Yang Dialami Guru BK Untuk Melaksanakan Instrumen Non-Tes Dalam Pelayanan BK Dan Usaha Mengatasinya

Abstract

Tugas guru BK di sekolah adalah memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan siswa. Instrumen non-tes merupakan salah satu jenis kegiatan pendukung yang digunakan untuk mengungkap kondisi siswa sebagaimana adanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan yang berasal dari dalam dan luar diri serta usaha guru BK mengatasi hambatan untuk melaksanaan instrumen non-tes dalam pelayanan BK di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 26 orang guru BK SMP Negeri Kota Padang yang berakreditasi A. Instrument penelitian berupa angket. Temuan hasil penelitian mengungkapkan : pelaksanaan instrumen non-tes belum terlaksana sepenuhnya bisa saja dikarenakan hambatan yang berasal dari dalam atau luar diri guru BK dan rata-rata guru BK telah melakukan usaha mengatasi hambatan tersebut.