Penanganan Perilaku Bullying Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanganan Perilaku Bullying Siswa di SD 54/III Koto Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data Penelitian dilakukan dengan Uji Kepercayaan (<em>Credibility</em>), Uji Keteralihan (<em>Transferability</em>), Uji Kebergantungan (<em>Dependability</em>), dan Uji Kepastian (<em>Confirmability</em>). Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data (<em>data reduction</em>), display data (<em>data display</em>), dan penarikan kesimpulan (<em>verification</em>). Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Penanganan perilaku <em>bullying</em> oleh guru dan orangtua siswa SD 54/III Koto Agung dilakukan dengan meningkatkan kepedulian terhadap perilaku siswa. Meski demikian, belum nampak tindakan khusus yang bersifat preventif dan kuratif yang dilakukan oleh guru dan orangtua siswa secara terencana. Penelitian ini mengungkapkan bahwa, “Perilaku <em>bullying</em> timbul karena kurangnya kepekaan dan kepedulian orang-orang di lingkungan pelaku.