Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan

Abstract

<p><span lang="EN-US">Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UMSU. PTK dilaksanakan dalam   tiga siklus pembelajaran melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi kecerdasan emosional mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran. Data penelitian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I telah terjadi peningkatan kecerdasaan emosional mahasiswa. Siklus II, kecerdasan emosional proses belajar mengajar berjalan lebih baik. Kecerdasaan emosional mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor persentasi 72,97% dan 82.77%,dengan tingkat kelulusan 38,10% Penguasaan mahasiswa terhadap materi juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 66,40%. Pelaksanaan siklus III ini bertolak dari permasalahan pada tahap tindakan II. Hasil rata-rata nilai kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi yang diperoleh pada tindakan III adalah 86,14% dengan tingkat kelulusan 88,10% Nilai rata-rata kecerdasn emosionl mahasiwa dalam PBM adalah 80,35%. Sementara, kecerdasaan emosional dosen dalam pembelajaran juga mengalami perbaikan dengan baik, dengan persentasi 88,81%. Berdasarkan hasil analisis Data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran <em>Assertive Training </em>berbantu <em>Meningkatkan kecerdasaan emosional Mahasiswa </em>secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, khususnya pada Mata Kuliah <em>Psikologi Pendidikan.</em></span></p>