INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI ERA INDUSTRI 4.0

Abstract

Inovasi pembelajaran merupakan suatu proses belajar mengajar yang selalu menghadirkan sesuatu yang baru sehingga mampu menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Pembelajaran inovatif selalu menhadirkan sesuatu yang baru dalam setiap elemen-elemen pendidikan mulai dari aspek strategi guru, bahan perangkat dan beberapa elemen penting lainya. Proses pembelajaran di sekolah, Universitas merupakan inti dari pendidikan pada semua jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya. Dalam proses pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalamanbelajar untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa/mahasiswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction). Pembelajaran inovatif mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik. Pendidikan karakter (character education) saat ini menjadi perhatian yang begitu penting dalam sistem pendidikan di Indonesia.Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penulisan ini mempunyai tujuan : (1) menjelaskan tentang pembelajaran menjelaskan penanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasi pembelajaran konstektual, (2) menjelaskan konsep penanaman pendidikan karakter melalui inovasi pembelajaran kuantum (3) menjelaskan penanamkan nilai-nilai karakter melalui inovasi pembelajaran berbasis kompetensi (4) menjelaskan konsep pembelajaran di era industry 4.0