Pemetaan Dan Analisis Maharah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Jenjang SMA Dan MA ( Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Dan KMA No. 165 Tahun 2014 )
Abstract
Sejarah kebudayaan Islam atau SKI adalah mata pelajaran yang membahas, mempelajari dan menceritakan sejarah-sejarah atau kejadian-kejadian pada masa lampau tentang kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan dan menganalisis maharoh/kemahiran pada mata pelajaran SKI, yang dipetakan berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014. penelitian maharoh SKI ini dilakukan pada jenjang sekolah menengah menengah atas (SMA/MA). Analisis maharoh tersebut dipetakan dari KI dan KD yang terdapat dalam permendikbud dan KMA mapel SKI. Tujuan penelitan ini adalah untuk menemukan maharah pelajaran SK yang harus dikuasai peserta didik pada mata pelajaran SKI. Berdasaran analisis terhadap maharah dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014 dari kelas X, XI dan XII dapat disimpulkan bahwa dari 11 maharah yang sering muncul yaitu: meyakini, memahami, mengambil ibrah, mengaitkan, meneladani, mengimplementasikan, menjelaskan, menceritakan kembali, menghayati, menghayati. Dapat disimpulkan maharah yang menjadi dasar kemahiran SKI adalah maharah menghayati untuk ranah sikap spiritual, maharah meneladani untuk ranah sikap sosial, merekonstruksi untuk ranah pengetahuan, dan menceritakan kembali untuk ranah keterampilan. Kata Kunci : Maharoh/kemahiran, SKI, Sekolah, Madrasah.