Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran ethnomatmatika dalam penerapan matematika dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi studi pustaka (library research). Data tersebut dikumpulkan dan dianalisis data sekunder seperti hasil penelitian sebagai buku ilmiah membaca, jurnal ilmiah, laporan penelitian, website dan lainnya yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap, pertama, mengatur, mensintesis dan mengidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ethnomatematika memfasilitasi peserta didik untuk dapat mengkonstruksi konsep matematika dengan pengetahuan bahwa mereka sudah tahu karena melalui lingkungan siswa sendiri, (2) Ethnomatematika menyediakan lingkungan belajar yang menciptakan motivasi yang baik dan menyenangkan serta bebas dari gagasan bahwa matematika itu menakutkan, (3) Ethnomatematika mampu memberikan kompetensi afektif dalam bentuk rasa hormat, nasionalisme dan kebanggaan dalam warisan tradisi, seni dan budaya bangsa dan (4) Ethnomatematika mendukung kemampuan siswa dengan harapan pelaksanaan pendekatan ilmiah.