Bimbingan Intensif Dalam Persiapan USBN Siswa KLS VI SD Hidayatur Rohman

Abstract

USBN dilaksanakan sebagai upaya untk meningkatkan mutu pendidikan nasional yang diamanatkan oleh Pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional pendidikan. Kegiatan Bimbingan Intensif yang dilaksanakan pada siswa kelas 6 SD Hidayatur Rohman ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SD menghadapi USBN tahun pelajaran 2017/ 2018 salah satunya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal USBN khususnya pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis melalui penilaian terhadap soal matematika yang diberikan pada siswa kelas VI. Kegiatan Bimbingan Intensif ini dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dari hasil Bimbingan Intensif yang dilaksanakan selama 5 hari, terlihat bahwa nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran matematika adalah 63,34 dengan nilai terendah sebesar 32,64 dan nilai tertinggi sebesar 95,57. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 19,87%. Dimana nilai rata-rata kelas yang didapatkan saat pre-test adalah sebesar 52,84 dengan nilai terendah sebesar 31,3 dan nilai tertinggi sebesar 83,25. Ini berarti bahwa kemampuan mereka dalam memahami soal dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal sudah cukup lumayan meskipun masih belum bisa dikatakan memuaskan.