Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas pada Guru MTs Pesantren DDI Kaballangangg
Abstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran oleh seorang guru profesional adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Pelatihan penulisan PTK yaitu: 1). Meningkatkan pemahaman para guru tentang PTK, 2). Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan Penelitian Tindakan Kelas para guru di MTs Pesantren DDI Kaballangang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman guru berupa penjelasan tentang prinsip-prinsip PTK, prosedur pelaksanaan PTK, implementasi PTK, dan penulisan laporan PTK, untuk metode demonstrasi sebagai upaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para guru berupa latihan identifikasi masalah dalam proses pembelajaran yang dapat dipecahkan melalui PTK, dan rancangan proposal PTK. Kegiatan ini sangat membantu para guru dalam mengembangkan profesinya dengan adanya hasil luaran berupa proposal PTK. Secara umum, hasil pelaksanaan pelatihan ini adalah cukup baik dan reponsif, artinya terjadi tingkat pemahaman para guru tentang PTK. Hal dapat dilihat bahwa 85% guru mampu mengembangkan keterampilan menulis proposal PTK pada saat pelatihan.