Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Universitas PGRI Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa BK Semester IV Angkatan Tahun 2016 Universitas PGRI Yogyakarta dengan sampel sebanyak 20 Mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis independent sampel test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest dan postest masing-masing adalah sebesar 112,75 dan 71,35 sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Mengacu pada kriteria uji maka 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan ada perbedaan rata-rata tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa antara sebelum dan sesudah treatment. Dengan melihat perbandingan rata-rata skor postest lebih rendah daripada pretest yaitu 71,35 < 112,75 maka terdapat penurunan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa. Oleh karena Hipotesis Alternatif (Ha) diterima maka kesimpulannya yaitu Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Efektif Untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa BK Universitas PGRI Yogyakarta. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Prokrastinasi akademik