PENGARUH PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MURID SD KARTIKA XX-I
Abstract
Metode Edutainment dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran penerapan metode edutainment dalam pembelajaran pada murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, mengetahui gambaran hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar, menganalisis pengaruh penerapan metode edutainment dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS murid SD Kartika XX-I. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu true experiment design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 40 orang yang diperoleh melaui teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan jenis teknik yaitu Two-Stage Random Sampling. Teknik analisis data hasil pada penelitian ini menggunakan 2 jenis statistik yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan metode edutainment dalam pembelajaran oleh guru menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dari pertemuan I sampai dengan pertemuan IV secara umum berada pada kategori baik, (ii) rata-rata hasil tes belajar IPS pada kedua kelompok sebelum perlakuan berada pada kategori kurang dan rata-rata hasil tes belajar IPS setelah perlakuan yaitu kelompok eksperimen berada pada kategori baik (77,50) dan kelompok kontrol berada pada kategori kurang (45,78), (iii) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara sebelum dan sesudah menerapkan metode edutainment dalam pembelajaran.