PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SAINS MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN RETRIEVAL REMEDIAL MURID SD DI KOTA MAKASSAR

Abstract

Motivasi belajar siswa sangat menentukan ketuntasan belajar Sains siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Sains Melalui Pelaksanaan Pembelajaran Retrieval Remedial Murid di SD Negeri Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program pembelajaran Retrieval Remedial di 7 SD Negeri Kota Makassar yaitu sebanyak 87 siswa. Sampel penelitian sebanyak 14 siswa yang diambil dengan menggunakan multistage random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket motivasi belajar dan angket program pembelajaran retrieval remedial. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path anlysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) motivasi belajar siswa SD Negeri di kota Makassar berada pada kategori Baik. (ii) Program Pembelajaran Retrieval Remedial siswa SD Negeri di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iii) Ketuntasan Belajar Sains siswa SD di Kota Makassar berada pada kategori Cukup. (iv) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (v) Program Pembelajaran Retrieval Remedial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains. (vi) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap ketuntasan belajar Sains melalui program pembelajaran Retrieval Remedial.