PENGGUNAAN GAMBAR LUAS DAERAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS VI SD NEGERI 60 PONGKA KABUPATEN BONE

Abstract

Ide awal peneltian ini karena kurangnya pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan khususnya siswa tidak mampu menjumlahkan pecahan dengan daerah luasan arsiran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran penjumlahan pecahan dan strategi pembelajaran pada pecahan. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaiman peningkkatan pemahaman siswa dengan menggunakan gambar luas daerah di SD Negeri 60 Pongka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dalam menjumlahkan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka Manfaat penelitian ini yaitu (1) memberikan pengalaman  kemampuan secara langsung penerapan penggunaan gambar luas daerah dalam upaya meningkatkan kemampuan kemampuan menjumlahakn pecahan (2) sebagai perbaikan mengajar pada pokok bahasan  penjumlahan pecahan .Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktifitas dan hasil belajar siswa dalam penjumlahan pecahan. Data diperoleh dengan observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I (1) penajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah belum maksimal (2) siswa mengalami kesulitan dalam menjumlahkan pecahan (3) kerja kelompok belum maksimal, sedangakan pada siklus II telah menunjuhkan peningkatan yang signifikan yaitu (1) penyajian pada tahap presentase dalam mempragakan gambar luas daerah telah maksimal berjalan sesuai dengan rencana (2) siswa merasa senang mengerjakan soal penjumlahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah (3) siswa dapat menenyikan langka-langka penjulahan pecahan dengan menggunakan gambar luas daerah Peningkatan itu dapat dilihat pada siklus I kualifikasi kurang (K), siklus II kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan gambar luas daerah dalam pembelajaran pecahan dapat meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas VI SD Negeri 60 Pongka. Saran penelitian ini adalah kepada guru sekolah dasar agar menggunakan gambar luas daerah dalam meningkatakan pemahaman siswa terhadap penjumlahan pecahan dan sebagai salasatu alternatif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran pecahan.