Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Pada Siswa
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan aktivitas membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. (2) Penerapan strategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju. Sumber data dalam penelitian ini adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari tes hasil belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Dalam penelitian ini, pembelajaran mengacu kepada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R yaitu dimulai dari Tahap persiapan pembelajaran, Tahap Pelaksanaan pembelajaran, dan Tahap akhir pembelajaran .Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan pembelajaran dengan menerapkan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDI Kananga Kec.manuju.