Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) di Kelas V SDN 03 Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko. Tujuan penelitian ini adalah agar hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan media gambar berupa rumah adat pada pelajaran IPS tentang keragaman suku budaya di Indonesia. Berdasarkan penelitian, hasil belajar siswa yang sebelumnya tidak memenuhi standar minimal, setelah  menggunakan media gambar berupa rumah adat mengalami peningkatan. Mulai dari dari prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II. Jumlah siswa seluruhnya di SDN 03 Kota Mukomuko sebanyak 200 orang, yang terdiri dari 8 Rombongan Belajar. Diantaranya kelas V yang dijadikan sampel penelitian yang jumlahnya  28 siswa