KEBIJAKAN MAJLIS TAFSIR AL-QUR’AN (MTA) DALAM PENETAPAN IDUL ADHA

Abstract

<p align="center"><strong><em>Abstrak</em></strong></p><p><em>Majlis Tafsir al-Qur’an adalah salah satu organisasi Islam yang lahir di Indonesia. Meskipun MTA berkembang di Indonesia, ia mendirikan Idul Adha dengan mengikuti pendirian Idul Adha di Kerajaan Arab Saudi. Ulama sepakat bahwa dalam pelaksanaan Idul Adha di negara muslim harus diterapkan sesuai dengan mathla ’lokal. Pendapat para ulama ini sejalan dengan fatwa MUI tentang keputusan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah nomor 2 tahun 2004. MTA menetapkan Idul Adha dengan menggunakan pengumuman Wukuf Arafah di Saudi karena tidak memiliki metode spesifik dalam membangun awal mula. bulan kamariah. Kebijakan MTA ini juga belum tepat di Indonesia dan perlu ditinjau karena proses penentuan tidak menggunakan pertimbangan astronomi. MTA juga tampaknya tidak konsisten dalam menetapkan awal bulan kamariah karena mengikuti dua metode yang bertentangan, yaitu imkan al-rukyah untuk menetapkan awal ramadhan dan Syawal dan rukyah global untuk menetapkan Idul Adha.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Majlis Tafsir al-Qur’an, Idul Adha, Pengumuman Wukuf Arafah di Kerajaan Arab Saudi</em><em></em></p><p><em> </em></p><p align="center"><strong><em>Abstract</em></strong></p><p><em>Majlis Tafsir al-Qur’an is one of Islamic organizations that was born in Indonesia . Although MTA develops in Indonesia, it establish Eid al-Adha by following the establishment of Eid al-Adha in Saudi Arabia Kingdom. Ulama agreed that in the implementation of Eid al-Adha in muslim country must be applied accordance with mathla’ local. These scholars opinion is in line with the MUI fatwa about the preliminary decision of Ramadhan, Shawwal and Dzulhijjah number 2 of 2004. MTA establishes Eid al-Adha by using the announcement of Wukuf Arafah in Saudi because is has no spesifict method in establishing the beginning of the kamariah month. This MTA policy also not yet proper in Indonesia and needed to be reviewed because the process of determination do not use the consideration of astronomy. MTA also seems inconsistent in establishing the beginning of kamariah month due to following two contradictory methods, namely imkan al-rukyah to establish the beginning of ramadhan and Shawwal and global rukyah to establish Eid al-Adha. </em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keywords </em></strong><em>: Majlis Tafsir al-Qur’an, Eid al-Adha, Annaouncement of Wukuf Arafah in Saudi Arabia Kingdom </em></p><p> </p><p align="center"><strong> </strong></p>