KOLABORASI GURU BK DENGAN WALI KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V11 DI MTSN BABADAN BARU
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bentuk dan jenis kolaborasi yang dilakukan guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII. Penelitian ini merup penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah bentuk dan jenis kolaborasi guru BK dengan wali kelas. Pengumpulan data menggun metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digun dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kolaborasi guru BK dengan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII D yaitu bentuk informal. Sedangkan jenisnya adalah kolaborasi sekunder.