MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DESA PERCUT SEI TUAN

Abstract

Pembelajaran sains sebagai subsistem pendidikan nasional memberi kontribusi penting dalam pembentukan karakter siswa. Pembelajaran sains yang benar akan mengarahkan siswa untuk memiliki karakter-karakter diantaranya berupa kecermatan, disiplin, kejujuran, ketekunan, berpikir kritis, bertanggungjawab, dan saling bekerja sama. Desa Percut Sei Tuan salah satu desa di Kota Medan akan menjadi sasaran pengabdian masyarakat untuk melakukan pelatihan dan sosialisasi terkait Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sains di Sekolah Desa Percut Sei Tuan. Hal ini dilakukan karena permasalahan yang berkaitan dengan Narkoba di Desa ini agak mengkhawatirkan dan ini berkaitan dengan keluarga terdekat yang merupakan pemakai dan pengedar. Agar pendidikan karakter tidak bertambah merosot dan pengaruh narkoba tidak semakin menjadi-jadi, maka perlu adanya penyuluhan ke sekolah- sekolah khususnya sekolah. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pendekatan keterampilan proses melalui pelatihan dan sosialisasi. Pendekatan keterampilan proses adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan fakta fakta, membangun konsepkonsep dan teori teori dengan keterampilan intelektual dan sikap ilmiah siswa sendiri.