PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 106160 DESA TANJUNG REJO KECAMATAN PERCUT SEI TUAN
Abstract
Tulisan ini memaparkan penerapan pendididikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pendidikan karakter ialah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya. Secara umum, paparan nilainilai utama karakter selanjutnya dapat dicerminkan, antara lain pada saat memformulasikan indikator dan mengembangkan bahan ajar. Berikut ini adalah beberapa contoh pengintegrasian masing-masing nilai karakter pada indikator dan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa, khususnya Bahasa Inggris, yang dilakukan dalam satu kali pertemuan (2x45 menit): relijius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.